Wednesday, August 18, 2010

tri dharma perguruan tinggi oleh mahasiswa: bangun tidur, ngopi, ngaskus

ini sebenernya jawaban gue atas pertanyaan pey soal posisi, potensi dan peran mahasiswa
sori kalo aneh dan sotoy hehehehe



tri dharma perguruan tinggi oleh mahasiswa: bangun tidur, ngopi, ngaskus



oke, itu tri dharma gue hehehe
pertanyaan lo tadi: posisi, potensi dan peran mahasiswa


jadi sebenernya apa sih mahasiswa itu?
gampangnya mahasiswa itu adalah orang yang bersekolah ato melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi

udah ada kata maha di depan siswa. itu nunjukkin bahwa tanggung jawab seorang mahasiswa jauh lebih besar daripada seorang siswa yang cenderung hanya bertanggungjawab ke orang tua dan sekolahnya. seorang mahasiswa bertanggungjawab pada orang tua, almamaternya, pada dirinya sendiri, dan juga bagi bangsa dan negara (makan tuh, susah kan jadi mahasiswa?!)


kata gue sih pey, semuanya berpangkal lagi pada tri dharma itu lagi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, yang saling bergantung satu sama lainnya.

pendidikan, berarti kita sebagai mahasiswa emang perlu banget pendidikan, bahkan bisa dibilang prioritas utamanya. nah, kalo lo jadi mahasiswa otomatis ekspetasi terhadap pendidikan lo itu makin tinggi. nah dengan pendidikan/intelektualitas yang tinggi ini mahasiswa diharapkan bisa memajukan kehidupan bangsa ini, menjadikan bangsa ini bangsa yang terpandang, bangsa yang besar pula

penelitian, berhubungan nih sama pendidikan. selain memenuhi kriteria "pendidikan", mahasiswa juga harus melakukan penelitian. kayak, "apa sih yang kurang?", "harus gimana nih?", "apa yang harus dilakukan buat blablabla?" dll. nah, dengan dilakukannya penelitian yang didukung oleh pendidikan itu, insyaAllah bakal ada terobosan-terobosan baru yang bikin indonesia gak kalah hehehehe

pengabdian masyarakat. jadi buat apa lo punya pendidikan dan melakukan berbagai macam penelitian tapi gak digunakan buat mengabdi pada masyarakat?

bisa diliat kan, kalo seorang mahasiswa itu punya potensi dan peran yang besar dan posisi yang sangat strategis buat memajukan bangsa ini,
seorang mahasiswa bisa jadi agent of change, menyuarakan aspirasi rakyat pada kaum atas dll (lo pasti ngerti lah pey maksud gue hehehe *ala buku hukum pidana utrecht)

nah itu tercermin di tri dharma yang harus diamalkan itu.


tapi gue suka agak miris aja sama mahasiswa jaman sekarang.
gue tau, gue bukan seorang mahasiswa yang ideal, yang bisa memenuhi tri dharma itu sepenuhnya.
tapi paling gak, dari yang gue liat sekarang ini, gue bisa bilang, "ini nih mahasiswa? mana intelektualitas lo yang lo bilang tinggi itu? kenapa cuma bisa melakukan hal-hal anarkis? mahasiswa itu harus bisa membela rakyat, dengan cara yang bener. jangan cuma mendahulukan fisik, tapi pake hati dan otak lo. kebanyakan mahasiswa sekarang itu tipenya talk and listen, bukan listen and talk. padahal kedua-duanya penting buat mahasiswa kalo mau emang mengabdi buat rakyat, buat negara ini."


yah, segitu doang yang bisa gue kasih pey. semoga bisa membantu ya pey. ilmu gue masih cetek sih hehehehehe
*wink*

No comments:

Post a Comment