Thursday, June 10, 2010

kita tidak tau kapan akan dipanggil, kan?

kenapa gue nulis ini adalah karena semua terjadi begitu saja, tiba-tiba. gak cuma sekali.
masih kebayang kata-kata dari puisinya B.J Habibie"

"Tapi yang membuatku tersentak sedemikian hebat,
adalah kenyataan bahwa kematian benar-benar dapat memutuskan kebahagiaan dalam diri seseorang"

yap, kematian. kita tidak tau kapan kita dipanggil, kan?
kemarin, pulang kuliah, dila dateng ngajak pulang bareng. akhirnya kita ke gramed dulu. gue beli komik miiko dan dia beli buku anak-anak gitu, judulnya a little princess. abis dari gramed gue kelaperan, akhirnya kita ke margo dulu buat beli breadtalk. abis itu pulang.

sampe di rumah gue makan, ternyata sepotong roti mahal itu gak bisa bikin kenyang (ato emang gembel di perut gue emang banyak hahahaha). abis makan gue ngobrol-ngobrol sama bapak di ruang tamu, dan om gue telepon. mas wowo (keponakan ibu, jadi gue manggilnya mas) meninggal. inalillahi wa inna ilaihi rajiun. gue gak nyangka aja, padahal obrolan gue sama bapak adalah tentang dia. kalo dia stroke juga dan tiga hari gak sadar. rencananya sabtu bapak mau jenguk. waktu ibu sakit mas wowo dateng dan ngasih pinjeman buat bayar biaya rumah sakit yang gak murah itu. dan tiba-tiba aja beberapa menit kemudian, setelah obrolan itu, kita dapet kabar kalo mas wowo meninggal. tengg!!! sumpah gue kaget banget. mas wowo masih muda, umurnya sekitar 30an akhir ato 40an awal. orangnya baik banget. siiiinnggg.... akhirnya bapak buru-buru mandiin ibu bareng gue, abis itu berangkat buat takziyah.
sampe sekarang gue masih belom percaya aja, semuanya begitu tiba-tiba.

maret kemarin, gue juga ngalamin hal serupa. mbah putri gue (tantenya bapak, jadi manggilnya juga mbah) yang rumahnya deket rumah gue meninggal pagi-pagi, tepat pas gue lagi uts. aaarrrggghhh... sumpah geu kaget banget (dan sampe sekarang gue masih ngerasa kalo mbah putri gue masih ada, masih masak dan kadang-kadang dateng ngelongok ke rumah buat nengok ibu). jam 6 pagi, mbah kakung gue dateng sambil nangis minta panggilin dokter ke bapak. katanya mbah putri gak dateng. akka gue langsung loncat dan ngabur ke klinik buat manggil dokter. terus 15 menit kemudian gue dapet kabar kalo mbah putri gue udah meninggal. unbelievable. kemarin sorenya mbah gue itu masih nyariin pembantu buat keluarga gue, malemnya masih ngobrol sama kakak gue, dan paginya mbah pergi. gue sedih banget, pengen gak masuk tapi dipaksa masuk sama bapak soalnya gue lagi ujian. dan apa? pas ujian geu bener-bener blank. gak inget apa-apa. yang gue inget cuma mbah putri gue yang udah terbujur kaku lagi dibacain yasin di ruang tamu rumahnya. dan kepala gue pun pusing. pas pulang gue ketemu kakak gue yang baru balik dari makam, abis nguburin mbah.

itu baru dua, dulu juga waktu pakde dan bude dan mas tono juga begitu. semua terjadi tiba-tiba. dan rasanya gue masih aneh aja. bukannya gue mempertanyakan kematian atau apa, tapi ini semua bener-bener gak terduga. bapak juga pernah bilang, "bapak sih sebenernya udah siap dipanggil kapan aja sama Allah, tapi bapak kasian sama ibu nanti gak ada yang ngurus. mas anto belom nikah dan kamu juga masih sekolah." gue pengen nangis dengernya.

yah, jadi intinya kita tidak tau kan, kapan kita bakal dipanggil?





yah, anggep aja ini gambar malaikat kematian, seperti ryuk di death note.

2 comments:

  1. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    kenapa semuanya serba mendadak saaaav??

    ReplyDelete
  2. gak tau im, kan bukan gue yang ngatur hehehehe

    ReplyDelete