Saturday, July 24, 2010

14 tahun yang lalu...

tadi pagi, pas gue lagi masak, tiba-tiba kedenger suara-suara anak singkong berisik di luar
gue menduga itu anak-anak TK tempat gue sekolah dulu yang lagi jalan-jalan ngiderin komplek
gue buka pintu samping (rumah gue di hook), dan bener aja itu anak-anak TK yang gue maksud, meski seragamnya udah beda sama seragam gue dulu yang ijo kuning kayak ketupat
mereka digandeng sama guru-guru (dan gue penasaran, bu jamilah, bu piah dan bu sadun masih ngajar gak ya?), tapi masih aja ada yang ngabur lari sana-sini
"hey, kamu mau ke manaaaaaaaa~????" gurunya teriak.
wah, ni anak gedenya bakal jadi pelari profesional kali ya, ato gak jadi intel. cepet banget ngaburnya hahahahaha
dan kejadian ini mengingatkan gue sama masa itu, 14 tahun yang lalu, waktu gue sekolah di TK itu (yah, ketauan deh gue tuanya hahahaha)

Jalan-Jalan dan Makan
gue sekolah di TK itu bareng temen-temen gue dari kecil: Arie, Tian, dan Ferdy (sekarang Ferdy ngambil kedokteran di Andalas, sedangkan Tian pindah ke Citayam dan Arie masih jadi tetangga gue sampe sekarang)
tiap sabtu, gue juga sama kayak anak-anak itu, jalan-jalan ngiderin kompleks-kompleks di sekitar TK gue (TK gue ada di tengah beberapa kompleks gitu)
gue paling malu kalo misalnya rombongan TK gue lewatin rumah
bukan cuma gara-gara kakak gue selalu nyengir dan nunjuk gue sambil bilang, "itu adikku!" waktu gue lewat
tapi juga karena lukisan setingkat andy warhol di tembok depan rumah yang tak lain dan tak bukan adalah karya gue yang gue bikin pas bokap ato nyokap meleng hehehehehe
tapi tetep aja asik deh, abis muter-muter dan balik ke sekolah, kita dapet makan gratis gitu (bisa nambah pula)
dulu gue paling suka sama lontong sayur buatannya bu piah hehehehe
abis makan, kita makan bekal snack yang dibawa dari rumah. makannya bareng-bareng sama temen yang meja sama bangkunya kita satuin
abis makan, kita mainan di halaman sekolah. ada perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, dan mainan standar anak TK lainnya deh hehehehe

Dela dan Tito
Dela dan Tito adalah temen TK gue. bisa diliat dari namanya kalo Dela adalah perempuan dan Tito adalah laki-laki. hehehehe
Tito sebenernya gak bandel-bandel amat, mungkin dia iseng kali ya... gak begitu banyak ingetan gue tentang si Tito ini kecuali keisengannya. satu lagi, waktu itu kakak gue jemput gue, dia duduk di komidi putar gitu. terus, si Tito ini entah kenapa manja-manja gitu sama kakak gue. dia minta dipangku (buset dah). kakak gue tau kalo Tito anaknya iseng kan, akhirnya pas si Tito duduk di pangkuannya, kakinya dia lebarin jadi *GEDEBUKKK!!!!* si Tito jatoh dan nangis hahahahaha
Dela ini lebih iseng dari Tito. gue inget dia pernanh bikin gue nangis hahahaha. biasanya, kalo anak TK bikin temennya nangis, dia bakalan kebat-kebit takut dimarahin guru. herannya, ni anak malah keliatan bangga dan gak mau minta maaf waktu dimarahin sama bu sadun *lho?
gue sebel banget waktu itu sama dia, gue nangis dan Ferdy yang kelimpungan. akhirnya, gue diem setelah beberapa lama dan Ferdy ngasih bekalnya ke gue, yaitu puding ketan hitam (dasar bocah). abis itu kita berdua main sama Adam dan berusaha menjauh dari Dela. hal lain yang gue inget dari Dela adalah dia selalu dianter-jemput pake becak, dan sampe sekarang, kalo gue pulang kuliah, gue masih suka liat tukang becak yang dulu nganter-jemput dia narik becak. dan ternyata, kata kakak gue, tu tukang becak sebenernya adalah tukang becak profesional soalnya dia udah narik becak sejak kakak gue masih bocah ckckckckck
selamat berkarya, Pak!!!

Demi Ksatria Baja Hitam
ini pertama kalinya gue bohong. waktu gue kecil kan lagi booming-boomingnya tuh film-film jepang kayak ksatria baja hitam, jiban, jiraiya, sailormoon, fiveman dan lain-lain. nah, waktu itu RCTI nayangin ksatria baja hitam siang-siang. uwoooohhh sebagai penggemar beratnya si makoto semangat dong gue mau nonton tu film. tapi sayangnya gue harus sekolah. akhirnya, setelah mikir-mikir, gue bilang sama guru gue kalo mau dijemput ibu dan diajak ke kantor biar gue bisa dikasih pulang lebih cepet kayak temen-temen gue yang lain yang kalo mau pergi sama emaknya pasti dikasih izin pulang cepet. setelah dapet izin, gue malah bingung karena gak berani pulang sendiri. pembokat gue juga belom jemput (iyalah, orang gue bohong, mana mungkin teteh jemput lebih awal). akhirnya gue cuma nunggu aja di tangga sambil bengong-bengong gak jelas. pas kelas bubar, ternyata teteh belom jemput juga. bu guru nanya kenapa gue masih di sekolah padahal katanya mau diajak pergi sama ibu. gue bilang gak tau, tetehnya aneh belom jemput. pas teteh dateng jemput, bu guru nanya kenapa teteh telat jemput. kata teteh dia gak telat karena emang gue gak mau ke mana-mana. habislah. sorenya pas ibu pulang kantor, gue ditanya kenapa bohong sama bu guru. ternyata, bu guru telepon ke kantor ibu...

Dance Dance
bukan. ini bukan lagunya Fall Out Boy. zaman gue TK belom ada Fall Out Boy. dan kalopun ada band sejenis gitu gue juga gak bakal ngerti, karena pas TK gue masih main sama boneka Susan dan dengerin lagunya Bondan Prakoso dan Eno Lerian hahahahaha
jadi dulu pas acara karyawisata gitu ada acara nari-nari anak TK gitu. wah pastinya lucu dans eru. tapi gak buat gue. gue pengen nari Ding Ding Pak Ding Ding (bukan Ring Ding Dong ya hehehe), tapi malah dapet tari yapong. setengah hati lah gue menjalaninya kayak lagunya Ada Band hahaha... gue sebel soalnya yang nari yapong juga gak kenal deket sama gue. blah! mana sahabat seperjuangan yang juga tetangga gue, si Ferdy dapet Ding Ding Pak Ding Ding karena dia orang Minang. pas performance (cailah, performance) gue mana ditaro sendirian di belakang (kamprettt!!!). malesin abis. yaudah gue gak jadi nari, cuma goyang-goyang tangan gak jelas aja. pengen gue teriakin: "WOOOOOOIIIII, BUUUU!!!! SAYA SENDIRI NIH DI BELAKANG! KASIH TEMEN NGAPA!!!" tapi gue gak berani. mana diliatin sama emak-emaknya temen-temen gue lagi. heu menyebalkan!!!

Perpisahan
di perpisahan ini harusnya anak-anak nari. tapi gue gak mau nari lagi. bukannya masih trauma, tapi gue baru sembuh dari demam berdarah jadi gue gak ikutan. dan entah kenapa Ferdy juga gak ikutan. solider mungkin ya hehehe... perpisahannya di ragunan, di gedung punyanya Departemen Pertanian, kantor nyokap gue. gue udah pernah ke sana jadi bodo amat dah lari sana-sini hehehehe... di sini juga pertama kalinya gue dapet piala, juara 2 siswa berprestasi hahahaha (dan sejak saat itu gue jadi berambisi buat ngumpulin piala-piala lainnya hehehehe bocah)

Hello Goodbye :'(
gue kira gue pertama kali tau dia pas kelas 3 SMP. tapi ternyata kita TK bareng. Wisnu Anjar Kusumo, biasa dipanggil Wisnu. buat gue dia orang yang hebat. dia baik, pinter, gak pernah marah, senyum mulu, dan dia gak pernah nuntut apa-apa dari orang lain. charming abis deh pokoknya. tapi, tanggal 27 september taun 2009 kemaren dia dipanggil sama Allah. mungkin Allah emang sayang banget sama dia, jadi dia cepet dipanggil. gue sedih banget, sampe nangis selama 3 hari. gue gak nyangka aja kalo secepet itu temen gue dipanggil. dengan cara yang gak kebayang sama gue sebelumnya. mungkin kalo dia sakit ato kecelakaan gue gak bakal sesedih ini. tapi dia meninggal karena dibully sama seniornya waktu ospek. sialan banget emang tu seniornya, merasa berkuasa (aaaaaarrrrhhhh mati kau, kuman!!!). padahal dia milih tempet itu buat ngelanjutin pendidikannya dibanding dua tempat lain di mana dia juga diterima... :'(
gue bersyukur pernah kenal sama Wisnu. dia ngajarin banyak hal ke gue. gimana caranya nahan amarah (dia gak pernah marah) dan bersyukur menerima segala sesuatunya apa adanya (dia gak pernah nuntut dan selalu bersyukur). selamat jalan kawan. lo bakal selalu ada di hati kami semua, temen-temen lo... semoga lo bahagia di sana :)))

ini wisnu :)















yah, itulah sepenggal kisah gue waktu TK, 14 tahun yang lalu
pelajaran yang dapat dipetik? semakin kita dewasa, semakin bertambah masalah kita dan semakin berkurang pula kebahagian kita hehehehehe
but, life must go on, right? hehehehehe

No comments:

Post a Comment